Ads 720 x 90

Fiksioner Free Blogger Theme Download

Di Rumah Aja, Netflix Dan Google Classroom Favorit Pengguna Xl

Teknisi XL Axiata menyidik perangkat BTS di tempat Rasuna Said, Jakarta, Senin (10/2/2020). XL Axiata Tbk berhasil meraih pendapatan sebesar Rp 25,15 trilliun atau meningkat sembilan persen dibandingkan tahun sebelumnya, yang didorong oleh peningkatan pendapatan layanan sebesar 15 persen YoY, dan pertumbuhan pendapatan tersebut melampui pendapatan rata-rata industri.Foto: Rachman Haryanto

Jakarta -

XL Axiata mencatat kenaikan trafik data selama sepekan sejak usulan pemerintah untuk bekerja dan mencar ilmu dari rumah guna mencegah meluasnya wabah virus corona di Tanah Air. Sejumlah aplikasi mengalami lonjakan akses sangat signifikan.

(Plt) Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa menyampaikan pihaknya melihat adanya perubahan sikap selama satu pekan kemarin. Banyak pelanggannya mengonsumsi data untuk bekerja dan belajar dari rumah.

Lawan Corona, Apple Disulap Kaprikornus 'Produsen' Masker

Alhasil terjadi lonjakan 10-15% dari ahad sebelumnya. Kenaikan terjadi pada jam 09.00 - 12.00 WIB.

"Mungkin pada saat itu orang yang biasanya kantor, dan paling sibuk di pagi hari, ini sejalan dengan pattern. Paling tinggi di hari Jumat," kata Gede ketika Media Update XL Axiata Selama WFH dan SFH.

Tercatat kenaikan saluran tertinggi di Jawa Barat hingga mencapai 67% dengan daerah Kabupaten Tasikmalaya menjadi penyumbang utamanya.

Selain data, XL Axiata melihat ada kenaikan di layanan panggilan telepon dan SMS. Hanya saja angkanya tidak melonjak signifikan, panggilan telpon naik 2%, sedangkan SMS 3%.

Diungkap pula sejumlah aplikasi yang banyak diakses pelanggan XL Axiata selama tawaran di rumah aja. Untuk pelanggan umum, Netflix paling tinggi kenaikannya mencapai 50%.

"Banyak diakses sore hari, sekitar jam 4-6 sore. Mungkin sehabis capek video conference mereka menonton Netflix," kata Gede.

Games Mobile Legend mengalami peningkatan sebesar 10%, diikuti YouTube sebesar 5%. XL juga mendapati adanya lonjakan signifikan pada aplikasi video conference, mencapai 20-30%.

"Karena sebelumnya jarang dipakai, jadi naik signifikan," kata Gede.

Untuk aplikasi berguru, Google Classroom melonjak sampai 2.354 %. Diikuti Ruangguru yang meningkat trafiknya hampir 50%.

XL Gratiskan Akses Aplikasi Pendukung Kerja dan Belajar dari Rumah

Guna mengantisipasi terus melonjaknya trafik data, XL Axiata monitoring NOC 24 jam sebab ialah jaringan harus terjaga. Mereka pun membentuk task force selalu siap siaga lintas bab bilamana ada persoalan teknis harus diputuskan dan hukuman.

"Meskipun baru 4-5 hari, kami sudah harus upgrade sekitar 1.000 side, terutama di Jakarta, sebab adalah terjadi lonjakan trafik yang selama ini tidak terprediksi," papar Gede.

"Kami akan terus pantau, hampir keputusan yang XL yang ambil bersifat harian sekarang jadi setengah harian. Karena kami tidak mau mengecewakan pelanggan terlebih dalam situasi kini," pungkasnya



Simak Video "XL Axiata Getol Bangun Jaringan di Daerah Pelosok"
[Gambas:Video 20detik]

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter