Ads 720 x 90

Fiksioner Free Blogger Theme Download

Haruskah Memonetisasi Blog ke Potensi Maksimalnya?

Seperti kita tahu bahwa ada aneka macam metode monetisasi yang dapat dijalankan di sebuah blog. Mulai dari yang paling sederhana dengan iklan PPC, CPA, iklan mampu berdiri diatas kaki sendiri , sponsored review, pemasaran afiliasi , sampai dengan yang tingkat lanjut seperti menjual ebook, menjalankan kursus online, program keanggotaan dan masih banyak lagi metode-metode lainnya. Namun pertanyaannya, haruskah kita memonetisasi blog ke potensi tertingginya? Dan balasan aku yaitu: tidak! Bahkan khusus untuk PortalUang ini, justru aku merasa tidak berusaha memonetisasinya dengan maksimal, dan aku ingin tetap akan seperti ini hingga kapan pun. Kenapa? Karena menghasilkan uang sebanyak-banyaknya dari blog ini, bukanlah tujuan utama. Sejak awal aku menerbitkan blog PortalUang, utamanya adalah untuk mengembangkan pelajaran dan pengalaman aku dalam membangun blog dan website saya lainnya. Memang aku akui, saat blog mulai berkembang, aku berpikir bahwa ia berpotensi menyumbang pendapatan. Dan nyatanya begitu PortalUang meraih 1.000 pelanggan, aku mulai menambahkan spot iklan mampu berdiri diatas kaki sendiri di blog ini. Tapi seiring perjalanan blogging selama ini, saya menemukan bahwa potensi penghasilan sebagai imbas dari blog ini, ternyata jauh lebih besar dibanding penghasilan langsung dari blog ini sendiri. Lebih banyak :  Cara Mendapatkan Uang dari Blog Yang aku maksud sebagai efek, adalah peluang-peluang yang datang kepada saya, termasuk bertemu dan menjalin pertemanan dengan blogger lain yang kemudian menciptakan proyek bersama, kesempatan berinteraksi dan memupuk iman dari pembaca yang dari sana aku menerima banyak peluang penghasilan lain. Sedangkan yang kedua, adalah penghasilan yang didapat melalui blog secara langsung, seperti dari iklan mampu berdiri diatas kaki sendiri dan Google Adsense. Karena itu, pada dasarnya saya ingin menjaga supaya blog PortalUang tetap sebersih mungkin. Betul, uang yang aku peroleh dari blog ini tidak terlalu kecil, namun dari waktu ke waktu persentasenya makin kecil dari total penghasilan saya. (S aat ini PortalUang hanya menyumbang 40% dari total penghasilan dari kerja online) . Sekarang, bila Kamu bertanya adakah metode monetisasi lain yang mungkin mampu dijalankan? Baiklah, bila aku memang berniat memaksimalkan potensi penghasilan dari blog ini, mungkin saya mampu melakukan: Menambah jumlah spot iklan, termasuk barangkali iklan berukuran besar persis di bawah artikel atau iklan mengambang di tampilan mobile. Memperbanyak link afiliasi di setiap posting. Menambah pos review produk dan jasa, untuk menambah lebih banyak lagi link afiliasi. Mulai menjalankan posting berbayar. Menggunakan pop-up untuk menambah jumlah pelanggan. Menggunakan metode lainnya, mirip iklan video, pop-under, shortlink, inline-text dan sebagainya. Saya kira aku dapat dengan gampang meningkatkan pendapatan 2 kali lipat dari kini dengan cara-cara mirip itu. Tapi saya tidak melakukannya! Karena ini tidak sejalan dengan tujuan awal dari PortalUang. Hal ini juga akan cukup mengganggu pembaca, dan kemungkinan saya akan kehilangan keyakinan yang sudah terbentuk selama ini. Jangan salah paham. Saya tidak sedang menyalahkan atau menyerang blogger yang berusaha monetisasi blog mereka sampai ke potensi tertingginya. Dan nyatanya, di beberapa blog saya yang lebih kecil, aku pun menjalankan taktik monetisasi yang sangat berangasan. Ini hanya masalah tujuan utama dari suatu blog, dan saya ingin berjalan sesuai dengan itu. Nah, bagaimana berdasarkan Kamu? Haruskah blog Kamu dimonetisasi dengan segala cara yang memungkinkan untuk meraih potensi penghasilan hingga titik maksimalnya? Salam.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter